Ekstrakurikuler Detail Berita Ekstrakurikuler

Jenis Data Penelitian

Bedanya data kualitatif dengan data kuantitatif itu apa ya? Nominal, ordinal itu apa ya? Bedanya apa ya? Jenis data yang sesuai dengan penelitian ku itu apa ya? Bingung nih, banyak banget jenis datanya. Nah, itu salah satu dari sekian banyak hambatan yang ada ketika melakukan penelitian. Permasalahan dalam menentukan jenis data yang dipakai dalam penelitian. Bagi yang mengalami kesulitan tersebut, silahkan disimak artikel yang akan membahas jenis data penelitian berikut ini.

Saat melakukan suatu penelitian, kita akan selalu berhubungan dengan data. Apa sih data itu? Dalam suatu penelitian, data merupakan informasi penting yang dapat memberikan gambaran spesifik mengenai obyek penelitian. Karena data merupakan suatu informasi yang penting dalam penelitian, kita sebagai penelti harus mengetahui apa saja jenis data yang digunakan dalam penelitian. Gunanya mengetahui jenis data ini adalah untuk membantu peneliti dalam menentukan metode analisis yang sesuai.

Secara garis besar, data yang terdapat dalam penelitian dapat dibedakan menjadi:

  1. Data Kualitatif

Data kualitatif merupakan data yang berbentuk kata-kata, bukan dalam bentuk angka. Biasanya, jenis data kualitatif ini menjelaskan karakteristik atau sifat. Data ini dapat diperoleh melalui wawancara maupun observasi. Contohnya kepuasan konsumen dapat berupa puas atau atau tidak puas.

  1. Data Kuantitatif

Data kuantitatif adalah data yang berupa angka, yang dapat dianalisis dengan perhitungan atau statistika. Data kuantitatif dapat dibedakan menjadi:

  1. Data diskrit

Data diskrit adalah data yang berasal dari hasil perhitungan dan berbentuk bilangan bulat. Contohnya jumlah responden laki-laki sebanyak 45 orang.

  1. Data kontinum

Berbeda dengan data diskrit, data kontinum merupakan data yang didapatkan dari hasil pengukuran. Data kontinum ini memiliki beberapa jenis, yaitu:

  • Data nominal, atau data kategori adalah data pengelompokkan obyek berdasarkan kategori tertentu. Contoh: jenis kelamin terdiri dari laki-laki dan perempuan.
  • Data ordinal adalah data yang berbentuk peringkat. Contoh: tingkat pendidikan terdiri dari SD, SLTP, SMA, Diploma dan Sarjana.
  • Data interval adalah data hasil pengukuran yang memiliki jarak sama tetapi tidak memiliki nilai nol mutlak. Contoh: suhu 0o C, meskipun bernilai 0 namun bukan berarti tidak ada suhu.
  • Data rasio adalah data hasil pengukuran yang menunjukkan jumlah sebenarnya dalam suatu variabel. Contoh: responden yang berpendidikan SD jumlahnya 0. Artinya bahwa tidak ada responden yang berpendidikan SD.

Itulah beberapa jenis data penelitian. Mau pakai jenis  data yang mana? Silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan penelitiannya. Masih bingung? Pingin tanya-tanya tentang metode penelitian dan analisis data? Mari datang ke FNI Statistics. Ada tim konsultan dan trainer yang siap membantu kamu menyelesaikan skripsi, tesis atau penelitian yang lain. Jangan kelamaan bingungnya, ayo segera ke FNI Statistics. Cara cerdas, skripsi tuntas.

By : Digitha Oktaviani Putri

Trainer FNI Statistics


Komentar Pengunjung

Silahkan Tinggalkan Pesan

BUTUH JASA ANALISIS DATA / PELATIHAN STATISTIK Hubungi kami di 085755387029 (WA) / LINE : fni_official / BBM. D5ABD8BF
Selengkapnya