Divisi Detil Berita Divisi

FNI STATISTICS DAN SEPUTAR SPSS

FNI Statistics dan Seputar SPSS

SPSS?

SPSS (Statistical Package for The Social Sciences) merupakan paket statistik yang dibuat khusus untuk analisis data statistika ilmu sosial. Versi terbaru program ini adalah SPSS 20 yang dirilis pada tanggal 16 Agustus 2011, dan versi pertama dirilis pada tahun 1968. Software SPSS diciptakan oleh Norman Nie, seorang profesor peneliti dari Fakultas Ilmu Politik di University of Stanford dan seorang profesor Emeritus Ilmu Politik di University of Chicago, yang juga merupakan seorang lulusan Fakultas Ilmu Politik di University of Stanford. SPSS kini dikembangkan oleh SPSS Inc, yang kemudian diakuisisi oleh IBM Corporation.

Implementasi SPSS?

Software SPSS merupakan salah satu program unggulan yang banyak digunakan untuk analisis statistika dibidang ilmu sosial. SPSS sangat umum digunakan oleh para peneliti pasar, peneliti kesehatan, perusahaan survei, pemerintah, para peneliti pendidikan, organisasi pemasaran, dan lain sebagainya. Fitur-fitur dari software SPSS, juga mampu memanajemen data seperti halnya seleksi kasus, penajaman file, hingga pembuatan data turunan, serta pada dokumentasi data seperti kamus metadata akan ikut dimasukkan bersama data.

Seputar SPSS lainnya?

Tak hanya soal kemampuan terbaiknya yang mumpuni hingga telah digunakan oleh kalangan pebisnis, perkantoran, pendidikan dan penelitian, namun software SPSS ini juga bernilai lisensi tinggi. Lisensinya dibandrol dengan harga $5,120 USD. Namun tentu saja, harga yang dikeluarkan sebanding dengan kegunaannya yang bisa dikatakan multifungsi. SPSS dapat dijalankan di sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Mac OS dan Linux. Spesifikasi komputer juga harus mumpuni untuk mampu menjalankan program ini. Minimal komputer yang digunakan memiliki prosesor Intel atau AMD, dengan kecepatan 1 GHz, dengan memori (RAM) 1 GB, resolusi monitor mencapai 1024 x 768 piksel serta harddisk dengan kapasitas kosong minimal 800 MB.

Contoh Statistika yang Dapat Diolah dengan SPSS

Terdapat beberapa contoh statistika yang termasuk dalam software dasar SPSS, antara lain sebagai berikut:

  1. Statistik Deskriptif; termasuk tabulasi silang, frekuensi, deskripsi, penelusuran, hingga statistik deskripsi rasio
  2. Statistik Bivariat; termasuk rata-rata, Uji t (t test), ANOVA, Analisis Korelasi (bivariat, parsial dan jarak), hingga uji non parametrik
  3. Prediksi hasil numerik; termasuk Regresi Linier
  4. Prediksi untuk tujuan identifikasi kelompok; termasuk Analisis Faktor, Analisis Cluster (two-step, K-means, hierarkis), hingga Analisis Deskriminan

Penggunaan SPSS?

Dalam penggunaannya, SPSS datasets memiliki struktur tabel 2 dimensi. Dengan struktur ini, bagian baris diatur untuk menunjukkan kasus-kasus seperti halnya mengenai pribadi atau rumah tangga, dan bagian kolom diatur untuk menunjukkan dan menampilkan ukuran-ukuran seperti halnya perihal umur, jenis kelamin, hingga mengenai pendapatan rumah tangga. Sehingga tipe data yang digambarkan meliputi 2 jenis yakni numerik atau berupa angka dan string atau berupa teks. Seluruh pengolahan data dilakukan secara berurutan dari kasus perkasus melalui file dengan memasangkan secara satu persatu atau satu dengan beberapa pasangan. Software SPSS juga meletakkan batasan-batasan pada struktur file internal, tipe data, pengolahan data, dan pencocokan file yang justru akan lebih memudahkan pemrograman.

Setelah mengetahui berbagai penjabaran singkat mengenai software SPSS ini, kita akan terhubung secara langsung dengan FNI Statistics. Mengapa demikian?, hal ini karena FNI Statistics merupakan sebuah jasa yang bergerak dibidang analisis data dan pelatihan yang cukup populer dan mumpuni di Malang. FNI Statistics memberikan pelayanan khusus untuk pelatihan SPSS hingga memberikan pelayanan analisis data statistika yang berhubungan langsung dengan SPSS. Bertempat di Jl. Soekarno Hatta, No. 7, Jatimulyo, Lowokwaru, Kota Malang, FNI Statistics siap melayani sejak pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. FNI Statistics mampu menangani berbagai permasalahan seputar SPSS melalui jasa dan keuntungan yang ditawarkan. Kita juga bisa menghubungi call center FNI Statistics di 085-755-387-029 untuk memperoleh informasi lengkap lainnya.

Penawaran FNI Statistics?

Untuk jasa analisis data, FNI Statistics akan menjamin keamanan data dan informasi seputar klien, memberikan fasilitas berupa penerimaan revisi, melayani dengan sistem yang profesional, bersahabat dan tercepat di Malang. Sementara untuk pelatihan SPSS, kita akan diberikan penawaran berupa free konsultasi, modul pelatihan, free peminjaman buku di FNI Statistics hingga dilayani oleh trainer yang kompeten dan ramah. Berdiri dan dipercaya selama lebih dari 8 tahun dengan biaya yang ramah dikantong, menjadikan FNI Statistics sebagai layanan terbaik dan terkemuka di Malang.

 



Komentar Pengunjung

Silahkan Tinggalkan Pesan

KESULITAN SOAL TUGAS AKHIR? BUTUH ANALISIS DATA CEPET? ATAU PELATIHAN STATISTIKA LENGKAP? Hubungi Kami melalui WhatsApp di 085755387029 SEGERA!
Selengkapnya