Divisi Detil Berita Divisi

tabel t

Pembacaan tabel t statistika

Salah satu alat ukur dalam statistika adalah dengan t. Contohnya dalam analisis regresi, t hitung untuk melihat apakah variabel bebas berpengaruh signifikan atau tidak secara parsial terhadap variabel terikat. Dalam analisis uji beda rata-rata, t hitung untuk melihat apakah terdapat perbedaan rata-rata atau tidak.

Untuk menentukan hasil signifikan atau tidak, maka angka t hitung dibandingkan dengan t tabel. Jika angka t hitung lebih besar dari t tabel, maka hasil menunjukkan signifikan, dan sebaliknya jika angka t hitung lebih kecil dari t tabel, maka hasil menunjukkan tidak signifikan.

Contohnya: Dari uji regresi dengan 2 variabel bebas dan 1 variabel terikat dan jumlah data 17, kita mendapatkan angka t hitung untuk variabel X1 sebesar 2.791. Kita ingin melihat apakah hasil tersebut menunjukkan berpengaruh signifikan atau tidak, maka dibandingkan dengan t tabel.

Yang dibutuhkan dalam mencari t tabel adalah derajat bebas (df), dan alpha yang digunakan.

Dengan n=17, kita dapatkan df=n-k=17-2=15 (dengan n adalah banyak data, dan k adalah banyak variabel bebas). Dan alpha yang kita gunakan 0.05.

Maka angka t tabel (α,df) = t tabel (0.05,15) adalah 2.131 (seperti gambar dibawah ini).

Didapatkan bahwa angka t hitung lebih besar dari t tabel (2.791 > 2.131) maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan antara X1 terhadap Y.

By : Samuel C S

konsultan FNI Statistics


Komentar Pengunjung

Silahkan Tinggalkan Pesan

BUTUH JASA ANALISIS DATA / PELATIHAN STATISTIK Hubungi kami di 085755387029 (WA) / LINE : fni_official / BBM. D5ABD8BF
Selengkapnya