Divisi Detil Berita Divisi

MASALAH VALIDITAS DAN RELIABILITAS

Mayoritas penelitian yang menggunakan alat ukur berupa kuesioner atau angket, hampir seluruhnya menggunakan pengujian instrumen penelitian yang biasa dikenal dengan uji validitas dan reliabilitas. dimana agar kita mengetahui apakah item pertanyaan yang ada dalam kuesioner benar2 layak atau tidak layak untuk dijadikan alat ukur dalam mengukur variabel yang akan ditelitinya, maka kita membutuhkan suatu uji yang akan melihat kesesuaian antara item pertanyaan dengan topik atau variabel yang ditelitinya. hal ini dikenal dengan uji validitas (uji kebenaran). Sedangkan untuk mengetahui seberapa konsisten atau tingkat dipercayanya alat ukur tersebut, maka kita membutuhkan uji yang dinamakan uji reliabilitas. uji reliabilitas penelitian yang baik adalah penelitian yang menggunakan alat ukur yang dapat dipercaya karena juga agar.

Masalah validitas yang biasa terjadi adalah ketika terdapat butir pertanyaan yang dinyatakan tidak valid, atau bahkan variabel tersebut dinyatakan tidak reliabel. Bagaimana solusinya?

Jika ternyata ada butir pertanyaan yang tidak valid namun hasilnya reliabel maka variabel tersebut dapat dilanjutkan ke pengujian selanjutnya dengan cara mengeluarkan butir pertanyaan yang tidak valid, namun jika tidak reliabel, maka maka langkah yang terbaik adalah dengan cara sebar ulang kuesioner yang telah dikaji ulang, artinya struktur bahasa yang membingungkan responden telah dipastikan tidak terdapat dalam kuesioner tersebut.

Biasanya penyebab tidak reliabelnya pengujian karena adanya bahasa-bahasa ilmiah yang tidak sepenuhnya dimengerti oleh responden yang belum tentu paham mengenai bahasa ilmiah tersebut. Solusinya bahasa yang rumit tersebut bisa diganti dengan bahasa yang lebih populer dikalangan awam agar responden tidak bingung dalam menjawab kuesioner dan hasil informasi yang didapatkan  sesuai dengan maksud yang diinginkan peneliti.

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai masalah uji validitas dan reliabilitas dengan kasus-kasus khusus tertentu, Anda dapat berkonsultasi dengan konsultan ahli statistik mengenai masalah tersebut. Agar masalah anda dapat terselesaikan lebih cepat dan hasil analisis yang diperoleh juga tepat, Anda tidak perlu khawatir, karena ada FNI Statistics yang siap membantu Anda menangani masalah tersebut.

by : Ansi BR Al Hakam Billah

Konsultan FNI Statistics

 


Komentar Pengunjung

Silahkan Tinggalkan Pesan

BUTUH JASA ANALISIS DATA / PELATIHAN STATISTIK Hubungi kami di 085755387029 (WA) / LINE : fni_official / BBM. D5ABD8BF
Selengkapnya