Artikel Detail Artikel menarik

Gelar Sarjana? Pentingkah?

Gelar Sarjana? Pentingkah?

Sarjana, merupakan sebuah penghargaan tersendiri bagi para mahasiswa yang sudah bersusah payah untuk meraihnya. Lulusan bergelar sarjana tak jarang memiliki standarnya sendiri dalam dunia kerja. Gelar open mainded, inovatif, pemberi sumbangsi terbesar bagi kegiatan pembangunan negara dan penyumbang aspirasi terbesar dalam menggerakkan roda kehidupan negara, yang diberikan kepadanya menjadikan para sarjana semakin gila status setelah lulus. Mahasiswa, memang sangat berbeda dari siswa. Tak jarang pula, kehidupan kampus menjadi lahan pembelajaran yang dibuat oleh para pendidik, organisasi atau semacamnya untuk mempersiapkan mental para mahasiswanya, jadi tak salah bila lulusan sarjana sedikit banyak berfikir tinggi untuk mengubah hidupnya sebagai pribadi yang layak diterima dan dipandang oleh kebanyakan orang.

Namun perlu kita tahu bersama, sebenarnya apa saja hal mendasar yang biasa dipelajari mahasiswa seacara umum yang membuatnya bergelar sebagai sarjana pada akhirnya. Satu hal yang dipelajari diantara banyaknya bidang keilmuan yang disuguhkan setiap harinya pada calon sarjana pada umumnya adalah metode penelitian. Metode penelitian, merupakan salah satu mata kuliah yang banyak diajarkan untuk mempersiapkan mahasiswanya untuk meghadapi tugas akhir atau skripsi. Berbicara soal penelitian, maka yang terlintas dalam pikiran kita adalah sesuatu yang dilakukan melalui penyelidikan atau pemeriksaan yang teliti dan sistematis, untuk tujuan tertentu. Kemudian, informasi yang didapatkan biasanya akan sangat berguna untuk kemajuan  ilmu pengetahuan dan teknologi di masa kini hingga masa yang akan datang. Pentingnya sebuah penelitian tak hanya bisa dirasakan ketika kita membaca pengertian dan contoh hasil sebuah penelitian yang sudah beredar luas saat ini, namun juga bisa dirasakan ketika  adanya inovasi, hingga pengembangan teknik dan implementasi yang sudah pernah ada, kemudian dimunculkan kepermukaan.

Pentingnya penelitian pada akhirnya membuat mata kuliah satu ini tak kalah penting lagi. Metode penelitian, seperti yang sempat dibicarakan sebelumnya bahwasannya mata kuliah ini merupakan mata kuliah penting pengantar untuk calon sarjana. Dasar-dasar kepenulisan dengan kaidah ilmiah, berbagai standar yang dipakai untuk menghasilkan penelitian ilmiah yang layak, hingga pemahaman mengenai tata cara seputar penelitian dari awal hingga akhir tak lupa diajarkan secara sistematis dan komprehensif. Mengetahui hal tersebut, maka sudah dapat dipastikan bahwa penelitian sebagai tugas akhir yang diberikan kepada seorang sarjana cukup penting dalam menyumbang informasi yang juga tentu saja memberikan sumbangsi tersendiri bagi perkembangan negara.

Maka tak salah bila dilahirkannya seorang sarjana itu sangatlah penting. Tak hanya soal hasil penelitiannya, namun juga aspirasi, pola dan sistem berpikir yang baik dan bertanggung jawab, serta tipe seseorang yang diharapkan muncul sebagai pelopor ditengah-tengah masyarakat menjadi hal-hal yang juga diperhatikan. Pentingnya seorang sarjana juga tak sampai disitu, potensi yang dimiliki masing-masing dari mereka juga menjadi ladang subur bagi para penikmat dan pembesar ilmu pengetahuan dan teknologi dimasa sekarang. Meski para penyabet gelar sarjana sedikit terkesan tinggi hati, justru seorang sarjana memang merupakan salah satu modal penting bangsa pada saat ini untuk melangkah maju. Tak bisa dipandang sebelah mata lagi bahwa sarjana ialah seorang penikmat gelar yang hanya ingin duduk dibangku kesuksesan, namun seorang sarjana juga bisa menjadi sosok dibalik perkembangan ekonomi, pendidikan, kesehatan, kebudayaan, hingga pertahanan bangsa.

Untuk itu,  FNI Statistics kini turut andil dalam membantu para calon sarjana dalam bidang penelitian. FNI Statistics, merupakan lembaga bimbingan, pelatihan sekaligus analisis data terbaik dan tercepat di Malang. Siap menjadi lembaga yang amanah dalam membimbing dan membantu para calon sarjana dalam pengerjaan tugas akhir, sesuai dengan kaidah penelitian. Dengan kemampuan FNI Statistics dalam analisis data, para calon sarjana juga diharapkan mampu memberikan interpretasi dan hasil terbaiknya dalam tugas akhir yang dibuat khusus untuk menyumbangkan aspirasinya bagi perkembangan ilmu dan teknologi saat ini. Khusus untuk kamu yang ingin mengembangkan ilmu bersama FNI Statistics, kamu cukup mendatangi kantor FNI Statistics di Jl. Soekarno Hatta, No.7, Jatimulyo, Kota Malang, atau kamu cukup berkonsultasi melalui nomor kontak berikut 085-755-387-029.

 



Komentar Pengunjung

Silahkan Tinggalkan Pesan

KESULITAN SOAL TUGAS AKHIR? BUTUH ANALISIS DATA CEPET? ATAU PELATIHAN STATISTIKA LENGKAP? Hubungi Kami melalui WhatsApp di 085755387029 SEGERA!
Selengkapnya