Artikel Detail Artikel menarik

Tips agar bisa belajar statistik dengan mudah

Pertama, belajar dengan teratur dan bukan sekaligus.

Belajarlah statistik untuk satu-dua jam sehari selama enam hari.  Hal ini jauh lebih baik dibandingkan belajar enam jam sekaligus dalam satu hari (akhir pekan misalnya).  Otak manusia terbatas dan gampang jenuh

Kedua, bandingkan dengan literatur lain atau website.

Buku-buku statistik sekarang sudah banyak kok.  Jadi jangan terpaku pada satu buku saja.  Buku-buku statistik yang ada umumnya sama, tapi khasanah pembahasannya banyak berbeda.  Website mengenai statistik juga banyak sekali, tinggal di-google saja.

 

Ketiga, jangan malu-malu untuk bertanya pada guru atau dosen anda.

Bertanyalah pada dosen anda karena umumnya mereka senang untuk menjelaskan.  Jika anda ingin pintar, tanyalah sama ahlinya -yaitu dosen anda!  :D

 

Keempat, sering berlatih.

Berlatihlah sebanyak mungkin dengan variasi soal sebanyak mungkin.  Hal ini akan memperkaya pengetahuan anda akan statistik.  Anda tidak bisa hanya membaca tanpa praktek.  Ini adalah kunci sukses semua pelajar unggul.  Belajar dan praktekkan berulang-ulang sampai mahir!

Kelima, lupakanlah rumusnya!

Statistik bukan belajar menghapal rumus.  Yang penting ialah kamu tahu kapan menggunakan rumus-rumus statistik itu dan kriteria-kriteria yang harus dipenuhi. Sangat jarang ada orang yang masih ingat rumus-rumus statistik jika ditanyakan beberapa bulan ke depan. Kalau memang rumus diperlukan lagi, tinggal buka saja lagi bukunya atau search di google.

 

Keenam, gunakan bantuan program statistik.

Saat ini sudah banyak program-program statistik yang beredar baik yang bersifat umum (SPSS, Minitab, SAS, STATA, Excel), hingga yang bertujuan khusus seperti Eviews, LISREL dan lain-lain.  Program statistik ini sangat meringankan tugas seorang peneliti.  Peneliti tidak perlu lagi melakukan perhitungan secara manual dengan rumus-rumus yang rumit dan memusingkan.  Peneliti hanya perlu tahu senjata (baca: alat analisis statistik) yang diperlukan ketika menghadapi permasalahan yang ada kemudian diselesaikan dengan komputer. 

Demikian tips-tips belajar statistik.

Semoga bermanfaat ^^


Komentar Pengunjung

Silahkan Tinggalkan Pesan

BUTUH JASA ANALISIS DATA / PELATIHAN STATISTIK Hubungi kami di 085755387029 (WA) / LINE : fni_official / BBM. D5ABD8BF
Selengkapnya