Artikel Detail Artikel menarik

Tips - tips menghadapi pembimbing skripsi

  1. Berdoa dan perbanyak ibadah, apapun agama kalian pasti mengajarkan kebenaran.
  2. Lihat potensi dan kemampuan kalian. Biasanya pembimbing akan menanyakan latar belakang masalah kalian mengapa mengangkat judul ini/itu? jika kalian mendapatkan judul dari teman atau dari searching dinternet tanpa kalian belum tahu masalah apa yang kalian temukan...waduhh bisa bisa ganti judul. Saran  kepada kalian, angkatlah judul yang sesuai kemampuan kalian dan potensi masalah yang ada.
  3. Isi teori dan wawasan sebanyak-banyaknya. Hal ini ditekankan kepada teori dan wawasan pada penelitian maupun isi penelitian kalian, karena ketika kalian bertemu untuk konsultasi terhadap pembimbing, pembimbing akan melemparkan pertanyaan bertubi-tubi berkaitan dengan penelitian kalian, dengan maksud apakah kalian bisa mempertanggung jawabkan penelitian kalian dan apakah penelitian ini adalah benar bahwa kalian yang menyusunnya?
  4. Siapkan buku, literatur, dan jurnal penelitian sebelum bertemu dosen pembimbing. Kalian harus menyiapkan buku, literatur yang mendukung penelitian kalian serta jurnal-jurnal penelitian referensi kalian., jika kalian ber-argumen sesuai dengan dasar teori yang kuat, apalagi sampai membawa semua teori dan literatur tersebut kehadapan pembimbing, tidak sulit untuk memberikanmu tandatangan beliau.
  5. Jangan sok pintar didepan dosen pembimbing, apalagi menggurui. Kalian harus dapat mengolah tata bahasa kalian ketika berargumen terhadap dosen pembimbing. Ingat, jangan pernah mengatakan (menurut saya tanpa dasar teori yang jelas). Jangan takut untuk meminta komentar maupun saran terhadap penelitian kalian, karena beliau akan merasa dihargai dan dihormati jika kalian meminta saran dan komentar setelah beragumen.
  6. Pantang menyerah. Kalian lebih ditekankan kepada sikap rajin dan disiplin, penjelasannya begini, jika penelitian kalian dicorat-coret oleh dosen pembimbing melalui banyak revisi , jangan pernah menyerah dengan keadaan. Pagi dicoret, siang revisi, sore konsul lagi jika dosen pembimbing masih berada ditempat. Semangat
  7. Penampilan ketika bertemu dosen pembimbing. Jika kalian yang menjadi dosen pembimbing, dan mahasiswa kalian bimbingan dengan penampilan yang terlalu over gimana gitu atau kucel  , apa yang kalian pikirkan?? Sebaiknya jika kalian akan konsultasi berpenampilanlah yang rapih dan bersih.

Komentar Pengunjung

Silahkan Tinggalkan Pesan

BUTUH JASA ANALISIS DATA / PELATIHAN STATISTIK Hubungi kami di 085755387029 (WA) / LINE : fni_official / BBM. D5ABD8BF
Selengkapnya