Artikel Detail Artikel menarik

Mengenal Apa Itu SPSS

Untuk penelitian yang menggunakan analisis statistik, pasti memerlukan bantuan software statistik untuk melakukan pangolahan data. Terdapat berbagai macam software statatistik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Setiap software memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Salah satu software yang sering digunakan untuk pengolahan data statistik adalah software SPSS. Apa itu software SPSS? Kegunaannya untuk apa saja?

SPSS adalah software statistik yang dibuat oleh Norman H Nie, Hadlai Hull dan Dale H Bent dari Stanford Uiversity pada tahun 1968. SPSS yang merupakan kepanjangan dari Statistical Package for Social Science, pada mulanya memang digunakan untuk menganalisis data-data sosial kemasyarakatan. SPSS banyak digunakan oleh peneliti pasar, peneliti kesehatan, survey, penelitian pendidikan, pemasaran,dll.

Seiring dengan berkembangnya waktu, SPSS tidak hanya digunakan pada ilmu sosial saja. Berbagai disiplin ilmu seperti ilmu sains pun banyak menggunakan SPSS sebagai software pengolah data. Karena itulah, kepanjangan SPSS pun berubah menjadi Statistical Product and Service Solution. Dan sekarang SPSS sudah berkembang hingga versi terbaru yaitu SPSS versi 22.

Kelebihan yang dimiliki oleh software SPSS antara lain:

  • Mampu mengakses data dari berbagai macam format yang tersedia, seperti pada dBase, Lotus, Text file, dll. Sehingga data  yang sudah ada dari berbagai format data dapat langsung digunakan untuk dianalisis.
  • SPSS memberikan tampilan data yang lebih informatif
  • Memberikan informasi lebih akurat dengan memberikan kode alasan jika terjadi missing data
  • Mudah digunakan, pengguna tidak perlu belajar bahasa pemrograman

Sedangkan kekurangan dari software SPSS antara lain:

  • Meskipun tergolong program yang mudah digunakan, namun untuk dapat menjalankan program ini, pengguna minimal harus mengatahui dasar ilmu statistik terlebih dahulu
  • Berkembangnya versi terbaru dengan cepat dan tampilan secara fisik yang terkadang berbeda dengan versi yang lama membutuhkan adaptasi dengan pengguna untuk dapat menjalankan program ini. Dan jangan lupa pilih seri SPSS yang sesuai dengan spesifikasi komputer yang Anda gunakan.

Secara garis besar, cara kerja SPSS terbagi atas 3 tahapan yaitu:

1. Input data

Langkah awal saat mengoperasikan SPSS adalah dengan memasukkan data. Masukkan data dalam Data View, untuk pengaturan dan memberi nama variabel pada Variable View.

2. Proses

Sebelum dilakukan proses analisis data, pastikan bahwa Anda sudah memilih terlebih dahulu jenis analisis yang digunakan untuk mengolah data. Berbagai jenis analisis terdapat pada menu Analyze.

3. Output / hasil analisis

Setelah proses analisis data dilakukan, kemudian akan muncul hasil analisis pada jendela output. Hasil analisis dapat berupa angka yang tersusun dalam tabel maupun grafik sesuai jenis analisis yang digunakan.

Seperti uraian diatas, SPSS banyak digunakan untuk membantu pengolahan data statistik yang digunakan di berbagai bidang ilmu. Ingin tahu cara analisis data dengan SPSS? Punya kesulitan mengoperasikan SPSS? Ikut aja pelatihan SPSS di FNI Statistics. Mau privat? Mau pelatihan berkelompok? Semuanya bisa! Yuk segera daftar pelatihan di FNI Statistics!

By : Digitha Oktaviani Putri

Trainer FNI Statistics


Komentar Pengunjung

Silahkan Tinggalkan Pesan

KESULITAN SOAL TUGAS AKHIR? BUTUH ANALISIS DATA CEPET? ATAU PELATIHAN STATISTIKA LENGKAP? Hubungi Kami melalui WhatsApp di 085755387029 SEGERA!
Selengkapnya