Artikel Detail Artikel menarik

Jenis Jenis Penelitian

Penelitian merupakan suatu cara untuk mencari pemecahan atau penyelesaian dari suatu permasalahan.  Penelitian banyak jenisnya. Penggolongan jenis-jenis penelitian ini didasarkan terhadap tinjauan pemasalahan berdasarkan tujuan, bidang ilmu, tempat penelitian,dll.

Bagi kalian yang akan atau sedang melaksanakan penelitian, tahukah kalian terhadap jenis-jenis penelitian? Apakah perbedaan jenis penelitian yang satu dengan yang lain? Pentingnya mengetahui jenis penelitian adalah agar kita bisa mengetahui tujuan dari penelitian yang dilakukan dan memilih metode yang sesuai dengan penelitian.

Secara umum, penelitian dapat digolongkan menjadi beberapa jenis berikut:

1. Berdasarkan tujuan penelitian, suatu penelitian dapat dibedakan menjadi:

  • Penelitian dasar (basic research), yang bertujuan untuk mengembangkan ilmu. Pada penelitian ini tidak ditujukan untuk memecahkan masalah secara khusus, namun penelitian ini dilakukan untuk mengkaji teori yang sudah ada. Contoh: penelitian terhadap sikap dan perilaku manusia.
  • Penelitian terapan (applied research), yaitu penelitian yang bertujuan untuk memecahkan masalah dan bersikap praktis dalam kehidupan sehari-hari. Contoh: penelitian untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

2. Berdasarkan pendekatan analitik, terdapat dua macam penelitian sebagai berikut:

  • Penelitian kuantitatif

Penelitian kuantitatif merupakan suatu penelitian yang menekankan analisisnya pada data-data yang berupa angka dan kemudian diolah dengan metode statistik.

  • Penelitian kualitatif

Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menekankan pada analisis proses berpikir yang berkaitan dengan hubungan antar fenomena yang diamati dan menggunakan logika ilmiah. Pada penelitian kualitatif tidak berarti tanpa menggunakan data kuantitatif, namun lebih ditekankan terhadap proses pendalaman berpikir peneliti dalam memecahkan suatu permasalahan.

3. Berdasarkan tingkat eksplanasi, yaitu penelitian yang berdasarkan pada hal yang ingin dijelaskan dalam penelitian, dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berikut:

  • Penelitian deskriptif

Penelitian deskriptif adalah jenis penelitian yang bermaksud untuk mengumpulkan informasi, menjelaskan fenomena dan menilai sifat dari kondisi yang nampak. Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk menggambarkan karakteristik sesuatu sebagaimana adanya. Contoh: mengetahui karakteristik karyawan perusahaan X.

  • Penelitian komparatif

Penelitian komparatif merupakan penelitian yang bersifat membandingkan. Dalam penelitian komparatif, peneliti menyelidiki apakah terdapat perbedaan antara dua atau lebih kelompok terhadap suatu fenomena yang sedang terjadi. Contoh: penelitian terhadap perbedaan pertumbuhan bayi yang diberikan ASI dengan yang tidak diberi ASI.

  • Penelitian asosiatif

Yang dimaksud dengan penelitian asosiatif adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Contoh: penelitian untuk mengetahui hubungan antara disiplin dengan kinerja karyawan.

Jenis-jenis penelitian memang tidak hanya sebatas yang disebutkan diatas, masih banyak berbagai jenis penelitian lain berdasarkan hal-hal yang membedakannya seperti tempat penelitian, metode,dll. Namun beberapa jenis penelitian yang disebutkan diatas merupakan jenis penelitian yang umumnya digunakan. Masih ada kesulitan dalam menyusun metode penelitian? Jangan kelamaan bingungnya. Ke FNI Statistik aja! Bisa konsultasi dan ikut pelatihan metode penelitian juga lho. Yuk segera ke FNI Statistik! Telp (0341-551644)

By : Digitha Oktaviani Putri

Trainer FNI Statistics


Komentar Pengunjung

Silahkan Tinggalkan Pesan

KESULITAN SOAL TUGAS AKHIR? BUTUH ANALISIS DATA CEPET? ATAU PELATIHAN STATISTIKA LENGKAP? Hubungi Kami melalui WhatsApp di 085755387029 SEGERA!
Selengkapnya