Artikel Detail Artikel menarik

SKRIPSI ADALAH AWAL

Skripsi ?, Tugas akhir?, Tesis?, Karya ilmiah?, sering kali kita dengar kata-kata itu, sering membuat pusing bukan kepayang, obat sakit kepala tak bisa membuatnya berhenti, ia hanya berhenti pusing jika ia diselesaikan, hal ini yang seringkali dikeluhkesahkan mahasiswa, mengapa ada tugas akhir dan bagaiman bisa keluar dari sangkar kesulitan mengerjakan skripsi. Yah mungkin memang tidak semua orang mengerti atau bahkan berpikir tentang mengapa skripsi dan tugas akhir harus ada, apakah ia memang tak layak ada seperti halnya ujian nasional yang penuh kecurangan atau???.

Skripsi benar-benar terasa sulit karena sejak awal kita memang tidak mempersiapkan diri untuk menghadapi kata mutiara tersebut, yah kalau kita pikir secara positif, skripsi itu adalah bentuk apresisasi kampus kita terhadap kita yang sudah sekian tahun mengabdikan diri kita kepadanya, yah betapa tidak?, bayangkan di saat semua orang tidak peduli dengan apa yang kita bicarakan dan kita pikirkan, kampus memberikan suatu momen yang paling bersejarah yaitu momen “ngerjain skripsi”, mencurahkan segenap pemikiran kita, kreatifitas kita, ia membuat kita siang dan malam mengenang kampus karena harus bolak balik ke perpustakaan, ia membuat hari-hari kita yang awalnya “lempeng” menjadi hari-hari super sibuk layaknya superhero.

Skripsi mengenalkan kita kepada “kesabaran”, sabar dalam menunggu dosen pembimbing, sabar dalam menghadapi sekian banyak cercaan dari dosen penguji. Skripsi mendekatkan kita dengan “giat”, giat ngerjain skripsian yang jumalahnya berjibun, giat dateng tiap hari ngampus sebelum sebelum subuh dan pulang setelah isya’ (yah walau gag sealay itu sih...). skripsi telah berhasil menyulap kita yang sehari-hari “lupa” menjadi “eling” yah ingat!, ingat akan yang maha kuasa, tiap hari berdoa supaya dosen pembimbing ngasih acc an, berdoa supaya dosen penguji tiba-tiba jadi super sayang sama kita pas sidang nanti, kita benar-benar jadi manusia paing keren pas ngerjain skripsi ya kan?, haha.

Teman-temanku sekalian hal yang terpenting yang harus kalian tau adalah bahwa skripsi bukan akhir, skripsi bukan akhir dari penderitaan kita dari tugas-tugas kuliah kita yang berjibun, skripsi bukan juga akhir dari masa-masa indah drama percintaan kampus, skripsi juga bukan penentu akhir akan kehidupan esok kita, ia hanya awal, ia hanya sebuah buku suci yang mengajarkan kita untuk “menatap laptop lebih lama”, ia membertitahu kita untuk “berpikir lebih keras”, ia membisikkan kepada kita agar “lebih sering mengenal kampus dari pada sebelumnya”, ia menuntun kita untuk “berdo’a lebih sering dan lebih bersungguh-sungguh”, bagaimana mungkin momen ini adalah momen paling menjengkelkan dari studi kita. Hal yang perlu ditanamkan dalam hati kita yang paling dalam sekarang adalah “skripsi adalah awal” awal dari segalanya, awal dari kesuksesan kita, awal dari kerja keras kita, awal dari kesungguhan kita, ia adalah hulu dari terpaan dunia yang sesungguhnya, maka sambutlah dengan gembira, dan jangan berputus asa, jika ada masalah dengan metodologi ataupun dengan analisis datanya datang saja kepada kami teman, FNI Statistics siap membantu teman-teman semua, karena kami rekan kalian semua!

by : Rahardian muhammad

Co. LampiranTrainer FNI Statistics


Komentar Pengunjung

Silahkan Tinggalkan Pesan

KESULITAN SOAL TUGAS AKHIR? BUTUH ANALISIS DATA CEPET? ATAU PELATIHAN STATISTIKA LENGKAP? Hubungi Kami melalui WhatsApp di 085755387029 SEGERA!
Selengkapnya