Artikel Detail Artikel menarik

MEMILIH METODE ANALISIS DATA

Dalam mengerjakan skripsi, tesis atau penelitian lainnya, kebanyakan mahasiswa kebingungan untuk memilih metode analisis data yang sesuai dengan penelitian yang dilakukan. Metode analisis statistik kan banyak, trus saya harus pilih yang mana ya? Kalau dengan jumlah variabel sekian itu pakai analisis apa ya? Bedanya analisis ini dengan analisis itu apa ya? Kok saya bingung ya, mana metode analisis yang akan saya gunakan dalam penelitian? Nah, itu adalah contoh beberapa pertanyaan yang seringkali muncul saat akan melakukan penelitian dan menentukan metode analisis yang akan digunakan.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk memilih manakah metode analisis data yang sesuai dengan penelitian yang kita lakukan. Gimana caranya? Yuk simak cara memilih metode analisis data dibawah ini:

1. Perhatikan tujuan penelitian

Dalam memilih metode analisis statistik yang tepat, kita harus memperhatikan terlebih dulu tujuan penelitian yang ingin dicapai. Sesuaikan tujuan penelitian tersebut dengan kegunaan dari analisis statistik. Penting bagi peneliti untuk mengetahui jenis metode analisis agar nantinya sesuai dengan tujuan penelitiannya. Contohnya: penelitian bertujuan ingin mengetahui pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan, maka analisis yang dipilih adalah analisis yang bertujuan untuk melihat pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Sehingga analisis yang dipilih dan sesuai dengan tujuan penelitian adalah analisis regresi.

2. Jumlah variabel yang diteliti

Dalam beberapa jenis metode analisis, perbedaan jumlah variabel yang diteliti akan mengakibatkan perbedaan jenis analisisnya. Misalnya, dalam analisis regresi sederhana, variabel bebas dan variabel terikat yang digunakan hanya 1 variabel saja. Sedangkan untuk penelitian dengan jumlah variabel bebas lebih dari 1 variabel dapat menggunakan analisis regresi berganda.

3. Skala pengukuran

Skala pengukuran data juga mempengaruhi jenis analisis yang akan digunakan. Jenis data interval dan rasio dapat menggunakan jenis analisis dalam statistika parametrik. Sedangkan untuk data nominal dan ordinal dapat menggunakan jenis analisis dalam statistika non parametrik.

Nah, itulah beberapa cara yang daatpat digunakan untuk menentukan metode analisis data statistik yang pas dengan penelitian kamu. Masih bingung soal metode penelitian? Bingung analisis datanya gimana? Pengen konsultasi tentang metode penelitian dan analisis data?  Monggo datang ke FNI Statistics aja! Ada tim konsultan dan trainer yang siap bantuin kamu-kamu mahasiswa yang galau gara-gara urusan skripsi. Yuk segera ke FNI Statistics! :D

 

by : Digitha oktaviani putri

Trainer FNI Statistics


Komentar Pengunjung

Silahkan Tinggalkan Pesan

KESULITAN SOAL TUGAS AKHIR? BUTUH ANALISIS DATA CEPET? ATAU PELATIHAN STATISTIKA LENGKAP? Hubungi Kami melalui WhatsApp di 085755387029 SEGERA!
Selengkapnya